Header Ads

ad

Lama tak Terlihat, Begini Penampilan Bjah The FLY

Tahun 2000an silam, ada sebuah band yang sangat hits dan dikenal luas oleh publik, terutama karena single hits-nya Terbang. Ya, band itu bernama The Fly, yang kala itu digawangi oleh Kin (Gitar dan Vokal), Levi (Bass), BJah (Vokal), Adith (Keyboard).

Muhammad Hamzah atau yang akrab disapa Bjah, mantan vokalis The Fly kini punya penampilan baru. Lama tak terdengar kabarnya, Bjah belakangan aktif dalam kegiatan keagamaan. Jenggot dan jambangnya dibiarkan tumbuh lebat. Bjah juga lebih sering memposting ujaran kebaikan dari kitab suci Alquran, serta aktivitasnya bersama keluarga.

Bjah memang sudah tidak terdengar lagi di industri musik Tanah Air. Namanya memang tenggelam bersama kehadiran sejumlah penyanyi baru. Sesekali Bjah memang diundang manggung meski tidak sesering saat dahulu masih tergabung bersama The Fly.

Bjah sempat ikut terlibat dalam penggarapan musik latar dan soundtrack di beberapa film. Ia juga kerap terlibat di belakang layar pembuatan video klip. 

Dua kali Bjah juga tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Merasakan hotel prodeo, tentu banyak pelajaran yang diambil Bjah. Sepertinya Bjah mendapatkan momen untuk benar-benar mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Karena masalah demi masalah yang Ia hadapi, Bjah akhirnya memilih untuk hijrah. Ya, Ia kini telah memutuskan untuk berhenti dari dunia hiburan dan mengubah total penampilan hingga jalan hidupnya jadi sosok yang lebih religius. Lalu bagaimana awal dan kronologi ceritanya?

"Oktober sih, tahun lalu (mulai hijrah). Saya waktu lagi stres itu, saya naik Uber (Uber Car). Sopir ubernya itu lagi ngelihat (video) kajian seorang ustaz Hasan Basri. Jadi ceritanya gini, Hasan Basri saat itu kedatangan banyak tamu. Yang saat itu diminta pendapat atau solusi masalah. 'Ya Imam, tolonglah aku ya imam. Aku sudah tua, aku belum punya istri, aku ingin menikah'. Imam bilang, 'Pulang lah kau, solat dua rakaat dan minta ampunan kepadanya'. Datang lagi orang, 'Ya Imam, saya udah menikah 20 tahun tidak dikarunia seorang anak', imam itu bilang, 'Pulanglah kalian, bertobatlah kepada Allah, salat dua rakaat'. Para sahabat bilang, 'Kenapa jawabanmu pulang dan bertobat, tobat dan tobat?'. Syeh bilang, 'Karena Rosullulah bersabda, 'Dosamu jadi penghalang doamu'. Di situ saya kayak ditampar. Ya, nggak akan nyampe lah doa gua. Semua janji Allah, jangan bersedih Allah selalu bersamamu. Seperti kehilangan handpone, kecurian, pasti sahabat bilang, pasti nanti Allah bakal kasih yang lebih baik. Tapi ini mana? 11 tahun kapan digantinya? Apes mulu. Rupanya janji Allah itu hanya untuk yang soleh. Emang gua soleh? Kerja maksiat, mabok, nyuap sana-sini. Sadarlah gua. Gimana caranya nih. Cuma Allah doang nih yang nolong gua. Gimana caranya suapaya gua bisa selamet dari sini," kenang pria berdarah Minangkabau itu.

"Karena gini mas bro, tubuh manusia itu tidak Allah ciptakan untuk memcahkan solusi. Nggak bisa. Kita manusia diciptakan bukan untuk memecahkan jalan ke luar. Jalan ke luar, ya dari Allah. Kita pasrah. Makanya banyak ayat Al Quran bilang, 'Wahai orang orang yang beriman, islamlah kau, berserahlah kau secara utuh. Islamlah kau secara kaffah'. Jadi nggak ada lagi tuh, kami dengar kami patuh. Baru Allah tolong. Ya udah, hijrah lah gua. Tinggalin semua," tegasnya lebih jauh.

Bahkan dalam sebuah postingan, Bjah sudah menyatakan 'putus hubungan' dengan setan.

"Eh setan! Sebagai mantan temen, gue nasihatin loe baik-baik nih,, Gak berhuna dan bermutu banget elu hidup! Elu minta hidup kekal hanya untuk jerumusin manusia biar nemenin loe di neraka. Mendingan loe tobat dah tan terus minta buru-buru dicabut nyawa loe yang ga beguna itu. Siapa tahu Allah masih mau nerima tobat lu tan," tulis Bjah.

Bjah diketahui menikah dengan Nina dan dikaruniai dua orang anak lelaki

*berbagai sumber

Tidak ada komentar