Syaikh Prof. DR. Nashir Ibn Sulaiman Al-'Umar Sekjen Ikatan Ulama Muslim Sedunia kunjungi Indonesia

Dalam hari-hari ini, Syaikh  Nashir berkunjung ke Indonesia dalam rangka da’wah dan silatturahmi dengan ummat Islam Indonesia. Jum’at 31/5/2013 beliau bersilaturahmi dengan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Marzuki Ali, ketua Dewan Masjid Indoesia (DMI) H.M. Jusuf Kalla dan mentri Agama Surya Darma Ali. Dalam silatturahmi dengan Ketua DMI syaikh Nasher mengapresiasi gagasan JK yang berusaha mengemablikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. “Kami mengapresiasi usaha bapak dalam mengembalikan fungsi dan peran masjid dalam pembangunan umat. Karena saat ini sebagian masjid hanya berfungsi sebagai tempat ibadah rirual, dan tidak menjalankan fungis pembinaan umat. Sebagian masjid hanya dibuka pada saat adzan dan ditutup setelah salam”, ujar ketua lembaga tadabbur al-Quran Internasional ini. Pengemablian fungsi masjid sebagai basis pembinaan umat harus terus digalakkan. “Sebab, saat ini dunia global telah mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut berpengaruh pada kecenderungan umat terhadap ideologi dan peradaban yang bersumber dari Barat. Tapi, al-hamdulillah masjid tetap kokoh sebagai basis pertanahanan dan pembinaan ummat”, pungkasnya.

Sementara dalam kunjungan ke mentri Agama syaikh Nashir memperkenalkan lembaga Tadabbur al-Qur’an yang beliau pimpin. Beliau menyatakan bahwa tadabbur merupakan bagian dari interaksi dengan al-Qur’an. “Tadabbur ini sangat erat kaitanya dengan tilawah (membaca), tahfidz (menghafal), tajwid (membaca dengan benar) Al-Qur’an. Al-hamdulillah saat ini banyak aktiviatas dan program penghafalan al-Qur’an. Namun yang masih kurang adalah tadabbur. Oleh karena itu fokus dan konsen lembaga ini  adalah tadabbur”, tegasnya. Di akhir kunjungan syaikh menyerahkan cendera mata berupa plakat Indonesia Bertadabbur al-Qur’an dan beberapa buku karyanya yang direspon positif oleh menteri Agama. Bahkan menteri menyampaikan bahwa kementruan agama bersedia untuk menerjemahkan dan menerbitkan buku-buku Syekh Nashir.

Syaikh juga akan mengunjungi Pesantren Tinggi Ar-Rayah Suka Bumi Jawa Barat pada sabtu 1/6/2013. Puncaknya, syaikh akan menjadi pembicara utama pada acara Tabligh Akbar Indonesia Bertadabbur Al-Qur’an pada hari ahad 23 Rajab 1434 H/2 Juni 2013M di Masjid Istiqlal Jakarta. Acara ini akan dibuka secara resmi oleh mentri Agama Surya Darma Ali. Selain syaikh Nashir akan hadir sebagai pembiacara dalam acara tersebut  Ustadz Bachtiar Nasir, Ustad Muhammad Zaitun Rasmin, dan ustad Yusuf Mansur. Acara ini terselenggara atas kerjasama Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Wahdah Islamiyah (WI) dan Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL). 

 Oleh: Syamsuddin el-Munawiy

(samirmusa/arrahmah.com)
Share on Google Plus

About Admin

0 komentar:

Posting Komentar