Kampanye Check The Label, Boikot Kurma ‘Israel’

Kurma Rabbee Iran – Alfa Mart
 
Bulan Ramadhan ini jangan berbuka puasa dengan kurma-kurma produksi ‘israel’. Ramadhan adalah bulan di mana kita mengingat saudara kita yang kurang beruntung. Dan akan menjadi sebuah penghinaan jika di bulan ini kita malah mendukung penjajahan.

Setiap tahun, ‘israel’ mengeksor kurmanya ke seluruh dunia. Banyak orang yang tidak tahu, membeli kurma-kurma itu dan menyajikannya sebagai hidangan berbuka puasa. Perlu diketahui, kurma-kurma ini tumbuh di permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat dan Lembah Yordan, di atas lahan curian dari Palestina. Dengan membeli kurma-kurma ini, kita membantu ‘israel’ untuk melanjutkan penjajahannya terhadap rakyat Palestina. Dengan pertimbangan ini, Friends of Al Aqsa (FOA) kembali meluncurkan kampanye ‘Check the Label’.



Check The Label
Sebagian besar supermarket akan menjual kurma-kurma yang diproduksi di ‘israel’, Tepi Barat dan Lembah Yordan. Kurma yang dproduksi di Tepi Barat dan Lembah Yordan berasal dari permukiman ilegal Yahudi sehingga perlu juga diboikot.

Ambil Untung Dari Penjajahan
- Kurma adalah ekspor buah utama ‘israel’ dimana sebagian besarnya dikirim ke Eropa.

- Pendapatan ‘israel’ dari penjualan kurma dalam setahun rata-rata mencapai €80 juta.

Kampanye Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS)
Terinspirasi dari perjuangan Afrika Selatan melawan aparteid dan dalam semangat solidaritas internasional, moralitas serta perjuangan terhadap ketidakadilan dan penindasan, kami perwakilan dari Masyarakat Sipil Palestina menyerukan kepada organisasi-organisasi masyarakat sipil internasional dan semua orang di seluruh dunia untuk melakukan boikot, divestasi dan sanksi terhadap ‘israel’.

Kami ingin Anda menekan negara Anda untuk mengembargo dan memberi sanksi kepada ‘israel’. Langkah-langkah hukuman tanpa kekerasan ini harus terus dilakukan sampai ‘israel’ mengakui hak-hak rakyat Palestina dan sepenuhnya patuh terhadap hukum internasional dan:

-Mengakhiri penjajahan di atas tanah Arab dan menghancurkan tembok pemisah.
-Mengakui hak-hak warga Palestina, Arab di ‘israel’ dan memperlakukan mereka secara adil.
-Menghormati, melindungi dan memperjuangkan hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke Tanah Air mereka.

Para Pekerja Palestina
‘Israel’ mengklaim bahwa warga Palestina diizinkan untuk bekerja di lahan para pemukim ilegal Yahudi. Mereka mengaku telah menyediakan lahan pekerjaan untuk warga Palestina. Tapi faktanya, warga Palestina yang dipekerjakan ini diupah sangat rendah dengan beban kerja yang tinggi.

Para pemukim ilegal Yahudi ini juga mempekerjakan anak-anak Palestina. Mereka dipaksa bekerja dalam waktu yang panjang di tengah sengatan sinar matahari dan dibayar dengan sangat rendah. Eksploitasi yang dilakukan ‘israel’ ini membuat anak-anak kehilangan kesempatan sekolah.

Alternatif Kurma
Ada banyak jenis kurma dari berbagai negara yang bisa menjadi pengganti kurma-kurma ‘israel’. Tapi kalau Anda tetap ingin membeli kurma Medjoul dari Palestina dan membantu para petani Palestina, ada kurma yang didistribusikan oleh YAFFA. YAFFA menjual kurma-kurma dari Palestina dan FOA membantu YAFFA mendistribusikannya bulan Ramadhan ini. Pemasok lainnya adalah Zaytoun. Silakan buka www.zaytoun.org.

Jadi Sukarelawan

Anda bisa menjadi relawan. Relawan ini akan menjadi duta besar untuk Kampanye Check the Label yang berarti Anda akan membantu mempromosikan kampanye di wilayah Anda, menyebarkan brosur-brosur, berbicara dengan para pemilik toko serta memotret toko yang menjual kurma dari ‘israel’, Tepi Barat dan Lembah Yordan. Jika ingin menjadi relawan, silakan kirim email ke info@checkthelabel.org.uk. Untuk terus meng-update informasi kampanye ini, Anda bisa melihatnya di halaman Facebook FOA.

Kampanye ini memiliki dua tahapan:

    Menghubungi dan menginformasikan para grosir dan toko.
    Menghubungi dan menginformasikan para pembeli.

Tahap Pertama
FOA telah mengirim surat kepada seratus lebih grosir dan toko pengecer tapi kami tetap membutuhkan bantuan Anda untuk melakukan kontak yang lebih personal untuk memengaruhi mereka. Ada enam hal yang perlu dilakukan dalam tahapan ini. Kami ingin Anda membantu untuk melakukan:

Persiapan:

- Libatkan keluarga dan teman-teman dalam kampanye ini
- Print surat yang sudah kami kirimkan kepada para grosir dan toko. Klik di sinihttp://www.foa.org.uk/campaigns/check-the-label untuk melihat tautan suratnya.

- Minta poster dan kartu pos Check The Label kepada info@checkthelabel.org.uk sehingga Anda dapat memasang poster itu di toko-toko dan menaruh kartu pos di counter mereka (tentunya dengan seizin mereka).

Cara:

- Identifikasi para grosir, importir dan toko di wilayah Anda lalu berikan surat dari FOA. Informasikan kepada mereka tentang pelecehan HAM yang dilakukan ‘israel’ (Anda bisa memberi mereka brosur FOA).

- Beritahukan para pemilik grosir dan toko tentang konsep boikot dan bagaimana dampaknya, contoh di Afrika Selatan. Minta mereka untuk memboikot kurma dari ‘israel’, Tepi Barat dan Lembah Yordan. Jelaskan bahwa Tepi Barat dan Lembah Yordan dijajah ‘israel’ secara ilegal. Katakan bahwa dengan membeli kurma mereka , berarti kita ikut mendukung penjajahan atas Palestina.

- Informasikan produk-produk kurma lainnya dari berbagai dunia. Tapi jika mereka tetap ingin membeli kurma medjoul dari Palestina, mereka dapat menghubungi info@checkthelabel.org.uk.

- Jaga relasi dengan toko-toko yang Anda datangi dan teruslah mendorong mereka untuk bergabung dengan kampanye ini.

- Tulis alamat toko-toko yang setuju untuk bergabung dengan kampanye ini sehingga kami dapat mengirimkan surat terima kasih kepada mereka.

- Foto kegiatan kampanye sehingga kantor pusat dapat meng-update aktivitas Anda.

Tahap Ke Dua
Sebagian besar orang yang FOA datangi dalam kampanye Check The Label tidak mengetahui bahwa ‘israel’ memproduksi kurma dan juga tidak tahu kalau kurma yang diberi label Tepi Barat dan Lembah Yordan juga termasuk dalam produk yang diboikot. Setelah diberitahu, sebagian besar dari mereka umumnya tertarik untuk ikut dalam kampanye ini.

Keberhasilan boikot bergantung pada kekuatan massa. Kami ingin Anda membantu menginformasikan orang-orang di sekitar Anda untuk mengecek label kurma yang mereka beli dan memboikot produksi dari ‘israel’, Tepi Barat dan Lembah Yordan.



Persiapan:

- Libatkan keluarga dan teman dalam kampanye ini.


- Print surat dari FOA dan sebarkan ke masjid-masjid dan berbagai organisasi.

- Minta poster dan kartu pos Check the Label sehingga Anda bisa menempelnya di toko dan menaruh kartu pos dicounter mereka (dengan seizin mereka).

Cara:
- Identifikasi masjid dan komunitas-komunitas di wilayah Anda dan berikan mereka surat dari FOA. Informasikan tentang pelanggaran HAM yang dilakukan ‘israel’ (Anda bisa memberikan brosur FOA).

- Beritahu pihak masjid/ komunitas tentang konsep boikot dan bagaimana dampaknya, contoh di Afrika Selatan. Minta mereka untuk memboikot kurma dari ‘israel’, Tepi Barat dan Lembah Yordan. Jelaskan bahwa Tepi Barat dan Lembah Yordan dijajah ‘israel’ secara ilegal. Katakan bahwa dengan membeli kurma mereka , berarti kita ikut mendukung penjajahan atas Palestina.

- Minta izin untuk menaruh brosur di depan pintu masuk dan menempel poster.
- Minta bantuan teman dan keluarga untuk menyebarkan brosur di luar masjid kepada para jemaah, terutama setelah shalat Jumat.
- Beritahukan FOA jika Anda berencana menyebarkan brosur di luar masjid.
- Hubungi surat kabar dan radio di wilayah Anda lalu beritahu mereka tentang hal ini. Kirimkan update kegiatan Anda ke info@checkthelabel.org.uk. (*)

Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar

Kurma Rabbee Iran – Alfa Mart
Beredar di Jakarta, mungkin di kota-kota lain juga, kurma rabbee Iran (Rabbee Iran Dates) kemasan bertulisan mencolok: Alfa Mart.
Kemasan kurma di antaranya 500 gram itu ada logo Dompet Dhuafa di pojok bawah dengan slogan donasi untuk sesama. Tidak ada keterangan, apakah itu Dompet Dhuafa yang biasanya bergandengan dengan Koran Republika, yang belum lama ini menganganugerahi Said Aqil Siradj pembela aliran sesat Syiah sebagai tokoh perubahan 2012.( http://nahimunkar.com/said-agil-siradj-tokoh-perubahan-republika-2012/ ).
Selama ini Iran dikenal sebagai Negara syiah imamiyah yang jelas-jelas mencaci para sahabat Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam, bahkan memusuhi Islam secara hebat, membunuhi kaum Muslimin Sunni, dan menghancurkan masjid-masjid Sunni serta Madrasah-madrasah.
Bahkan Ahmadinejad presiden Iran dalam kampanyenya di televisi pernah menuduh sahabat yakni Thalhah dan Zubeir sebagai pengkhianat yang kembali ke kepercayaan semula alias murtad. Padahal, dua sahabat yang dituduh Ahmadinejad itu termasuk 10 sahabat yang diberi khabar gembira oleh Nabi Muhammad shallalahu ’alaihi wasallam akan masuk surga. ( http://nahimunkar.com/masalah-ahmadinejad-menghina-dua-sahabat-rasul-01/ ).
Ketika  Ummat Islam di dunia ini menyadari bahaya syiah itu tidak kurang pula dibanding bahaya Yahudi-Israel, maka masalah beredarnya kurma Iran negeri syiah ini kemungkiinan umat Islam akan hati-hati pula terhadapnya.

Hidayatullah.com | SahabatAlAqsha.com-
Share on Google Plus

About Admin

0 komentar:

Posting Komentar