Star Wars Gunakan Masjid Istanbul Sebagai Markas Penjahat

mukmin.in - Masyarakat Turki Austria telah menuduh perusahaan mainan Lego telah melakukan tindakan rasisme setelah rilis model Star Wars baru yang menyerupai bangunan bersejarah masjid Hagia Sophia di Istanbul.

"Apa yang Lego rekomendasikan orang tua untuk dibeli sebagai hadiah Natal? Jawabannya adalah rasisme murni, " kata Komunitas Budaya Turki Austria dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh The Huffington Post pada hari Kamis, 24 Januari sebagaimana dilansir onislam.net.


Kelompok ini mengacu pada rangkaian maianan baru Jabba the Hutt. Produsen mainan raksasa Lego dianggap melakukan penghinaan pada model mainan Jabba, istana Star Wars yang digunakan oleh penjahat merupakan tiruan dari masjid yang terkenal Sophia Hagia di Istanbul. Kelompok ini menyarakan bahwa perusahaan menghubungkan kejahatan ke tempat-tempat ibadah Muslim.

Dalam situsnya kelompok di keturunan Turki di Austria ini telah memasang foto dari  gambar atap masjid yang memiliki tingkat perbandingan  1:1 dengan yang ada pada gambar mainan. Kelompok ini juga menyebutkan bahwa muadzin digambarkan sebagai seorang kriminal dengan membawa kapak dan senapan mesin yang disimpan di menara.

"Orang akan berharap lebih banyak empati dan tanggung jawab dari produsen mainan yang telah menghasilkan mainan dan model yang baik untuk mengajar selama beberapa dekade."

Komunitas Turki Austria juga meminta Lego untuk meminta maaf atas tindakan yang melukai pemeluk agama lain. Mereka menambahkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan tindakan hukum terhadap Lego, mendesak orang tua untuk tidak membeli mainan perang atau mainan diskriminasi dari Lego.

Permintaan maaf

Lego telah menolak tuduhan, menyangkal adanya hubungan antara Istana Jabba dan masjid.

"Kami menyesal bahwa produk telah menyebabkan anggota komunitas budaya Turki memilikisebuah interpretasi yang salah, tetapi menunjukkan bahwa ketika merancang produk hanya isi fiksi dari saga Star Wars yang disebut," kata juru bicara Lego Katharina Sasse. Hagia [Aya] Sophia  adalah bangunan paling spektakuler di Istanbul. Merupakan bekas sebuah gereja selama lebih dari 1.000 tahun, dan sebuah masjid untuk 500 lebih. Gereja itu berubah menjadi masjid setelah Konstantinopel diambil oleh Sultan Mehmet II pada tahun 1453. [har]

Sumber: muslimdaily.net
Share on Google Plus

About Admin

0 komentar:

Posting Komentar